Product Category
APA ITU SEO DAN PERBEDAANNYA DENGAN SEM

Pernah dengar istilah SEO atau SEM? Dalam dunia digital marketing pasti tidak awam dengan dua istilah ini. SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization sedangkan SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketing.

SEO dan SEM dalam dunia digital marketing menjadi saling berkaitan untuk meningkatkan traffic dalam kegiatan promosi dan pemasaran suatu perusahaan.

Melihat pada artikel sebelumnya, SEO merupakan bagian dari channel organic marketing yang tidak mengeluarkan banyak biaya sedangkan SEM merupakan bagian dari channel paid marketing yang mengharuskan perusahaan untuk membayar.

Tapi apa sih SEO itu? Apakah beda dengan SEM?

Pada artikel ini Paramerah akan menjelaskan mengenai pengertian SEO dan SEM serta perbedaan SEO dan SEM.

Pengertian SEO dan SEM

SEO atau Search Engine Optimization 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik optimisasi website dengan pengoptimalan konten, sistem, dan sebagainya untuk dapat menduduki peringkat tinggi di Search Engine Result Pages (SERPs) atau mesin pencari seperti Google, Yahoo!, dan Bing sesuai dengan keywords yang dimasukkan. Hal ini akan membuat website lebih sering terlihat oleh audiens sehingga dapat meningkatkan lebih banyak pengunjung atau traffic website.

SEM atau Search Engine Marketing

Sama halnya dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing bertujuan untuk meningkatkan traffic atau pengunjung pada website melalui keywords relevan agar muncul di halaman teratas SERPs. Namun jika SEO secara organik atau gratis namun SEM berbayar. Perusahaan yang menggunakan SEM akan memiliki dua opsi pembayaran yaitu pembayaran per klik (PPC) atau beriklan seperti Google Ads.      

Perbedaan SEO dan SEM

1. Biaya yang Dikeluarkan

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbedaan paling terlihat dari SEO dan SEM adalah mengenai jumlah biaya yang dikeluarkan. SEO merupakan termasuk dari organic marketing, maka perusahaan tidak mengeluarkan biaya. Sedangkan perlu biaya saat menggunakan SEM agar bisa terus ada di hasil pencarian.

2. Tampilan Hasil Pencarian

Perbedaan pertama dari SEO dan SEM adalah tampilan hasil pencarian pada mesin pencari. Tampilan pencarian pada SEM adalah ditandai dengan adanya kata "Iklan" atau "Ad". Hasil pencarian SEM ditampilkan posisi paling atas dibanding dengan hasil pencarian SEO.

3. Tools

Tools yang digunakan SEO adalah tools untuk meriset keywords seperti Google Keyword Planner, Ubbersuggest, Ahrefs, dan sebagainya. Selain itu juga menggunakan tools analisis backlink dan lain-lain. Sedangkan untuk SEM menggunakan tools tambahan untuk media iklan seperti Google Ads.

4. Hasil

Secara umum, performa yang dihasilkan dari SEM lebih cepat dibandingkan dengan SEO karena posisi hasil pencarian SEM selalu diprioritaskan dalam SERPs. Sedangkan membutuhkan waktu yang lebih lama apabila menggunakan SEO dalam pencarian.

5. Customer Acquisition Cost (CAC)

CAC (Customer Acquisition Cost) SEO tinggi untuk jangka pendek dan rendah untuk jangka panjang karena SEO merupakan strategi jangka panjang dimana membutuhkan effort yang tinggi untuk mendapatkan hasilnya. Sedangkan SEM hanya aktif selama melakukan pembayaran untuk tampil dalam mesin pencarian. Apabila sudah tidak beriklan maka SEM sudah berakhir. Sehingga SEM memiliki CAC rendah untuk jangka pendek dan tinggi untuk jangka panjang


 

Untuk anda ingin membangun sebuah value pada sebuah brand Dapat langsung Konsultasikan bersama kami Utero Indonesia atau Dadik Wahyu Chang selaku founder Utero Indonesia 

OFFICIAL WEBSITE :

-https://dadikwahyuchang.id/

-http://uterogroup.com/ 

-https://uteroindonesia.com/

ALL INFORMATION 

RUMAH OXYZ

-https://google.co.id/maps

PORTOFOLIO DESAIN

-utero.design

Posted at September 29th, 2021 - 03:17:28
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Desain Adalah Salah Satu Keunggulan Kami data yg kami buat secara inernal penjualan desain dan produk ternyata desain melebihi kapasitas omzet produksi kami. saya menarik kesimpulan bahwa ...
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...