BUKAN GORENGAN ARTIS

 

WAJAR....
Dinamika kepopuleran yg dulunya hanya pada ranah televisi, sekarang mulai bergeser pada platform2 sosial media. Artis yg dulunya jaya pun mulai was was dan harus berpikir kreatif, bagaimana mereka semua harus survive dan terus berada pada fase keterkenalannya, bagaimana memanfaatkan ketenarannya dan bagaimana mereka semua fokus pada kebermanfaatan dan berekonomi. Industri kreatif adalah ruang yg sexi dalam pencarian benefit dan profit. Terbukti para artis banyak diendorse produk2 dan usaha2 jasa untuk mengerek sebuah merk yg juga terbukti sangat berefek dan berimpact positif. 
SALAH ?
tidak ada yg salah, itu namanya membaca peluang, akhirnya hal tersebut mengoyak ide pastinya dikalangan teman teman para artis juga, kenapa tidak membuat produk dan jasa sendiri, dan lagi lagi terbukti semua outlate usaha para artis ramai dan terkesan fenomenal karena antrian dan suara persepsi di masyarakat terlihat santer dan menggelora.

Malang pun tak luput dari imbas fenomena dan dinamika tersebut, tidak kurang 5 produk artis2 nasional ini masuk ke malang dan semuanya dg outlate yg okay dan transaksi juga lumayan untuk sebuah usaha yg masih baru.

SALAH ? 
Tidak, tidak ada yg salah karena lagi2 itu salah satu metode dan strategi branding ambasador. Tak sedikit akhirnya suasana di malang dan kota kota lainnya yg ada dan lahir bisnisnya para artis ini sedikit gaduh di telinga saya dan komunikasi di beberapa rekan dan klien saya. Kenapa anda semua mencibir usaha para artis dan nyinyir bahwa ini adalah kesalahan ? Karena mereka seolah olah besar pada kacamata persepsi & branding mereka digarap dgn serius dan nampak besar.

SALAH ?
Bukan salah seharusnya memang, kurang tepat lebih benar, karena siapa pun berhak mempunyai usaha di manapun di Indonesia selama mereka berwarga negara Indonesia. ketika produk artis ini masuk dan menulis sebuah kata kata KHAS OLEH OLEH sebuah daerah inilah yg kurang tepat. ini merusak sebuah DNA dan karakter sebuah daerah yg mempunyai roh dan ke unik aneh nya masing2 dan identifikasi yg bener2 masuk akal dan masuk secara data.

Apa yg harus di lakukan kalau begitu, sebaiknya memang produk malang itu sendiri wajib membuat karakter dan komunikasi yg layak jual dan layak eksis. Sebelum adanya artis artis ini masuk di daerah2. Anggap lah kesuksesan mereka menjadi sebuah trigger / pemicu bahwa harusnya produk lokal dan orang lokal mampu melakukannya. Sayang nya memang para artis lebih dulu melakukan nya, apa terlambat ? Tidak, tidak ada kata terlambat mari kita mulai dari sekarang.

Saya mencoba memberi tawaran berpikir lain, dgn metode balik jungkir saya, apakah memasang foto dilarang ? Tidak, saya mencoba memasang foto2 siapapun dalam tawaran packaging ini, sama sama foto tapi yg membedakan adalah kami semua bukan artis, dan follower kami pun puluhan dan ratusan, boro boro di komen, di like aja sukur ehhehe

Apakah produk ini real ada, belum, ini hanya sebuah tawaran social movement buat siapapun yg mendukung sebuah perubahan pola pikir, tentang menghujat atau mencari solusi. Adakah terlintas di benak kita tentang khas oleh oleh malang ? 
Ayam goreng nasional ?
Minyak goreng ?
Kecap ?
BRAND mana yg muncul di luar kepala kita ?
Jangan jangan memang benar yg muncul adalah produk artis, KFC, Bimoli, dan ABC atau Bango 🤣saya bukan paranormal tapi itu kan yg terjadi.

BRAND mana yg muncul ketika saya bilang GORENGAN ?
Pasti anda akan bilang, gorengan kalpataru, kebalen, jalan kembar mawar ( saya sudah survey di Facebook saya dadikwahyuchangutero, 2 Minggu yg lalu )
Ini momentum untuk kita buat sesuatu yg kita sama sama tancapkan di benak masyarakat tentang menguasai Indra kita dan pemikiran kita. Produk gorengan ada tempe, tahu, tempe kacang dan menjez gombal yg memang produk tersebut tidak diragukan malang punya khas nya.

Ada Facebook semoga hal ini lahir facepack, sebuah media yg menawarkan kenarsisan nya dan mengangkat sebuah daerah dengan orang orang biasa saja. Wajah yg tidak harus ada di online tapi wajah yg juga ada di bungkus gorengan2 pinggir jalan. Ini saat nya utk support pula tentang packaging food grade yg hampir semua gorengan selalu pakai kresek ketika kita semua membelinya.

Donasi / investor / pengusaha yg melihat peluang ini bisa menjadi pegas utk mendukung bungkus sehat dan menjauhkan kesenjangan orang kaya dan orang miskin yg kemarin saya baca di kolom koran radar. Ada sebuah sinergitas pastinya. Umpama bungkus tersebut dibagikan gratis atau pun berbayar juga masuk akal. Metode detil akan saya infokan di Instagram nya #bukangorenganartis 😁 karena memang ini spontanitas yg cukup menarik sebagai gagasan. Siapapun boleh memasang fotonya dan siap narsis ala artis. Karena kita butuh ngisi feed sosmed bukan ?

Apakah akan menjadi nyata produk gorengan aslinya? Saya tidak tau, ayo kita berbenah industri kreatif butuh para ahli yg siap memberikan pengalamannya, orang orang sukses malang harus turun gunung utk membuat khas oleh oleh malang menjadi identitas yg tepat dan layak sebagai tanda pernah ke malang.

Mampukah kami bertahan,
Mampukah kami eksis,
Mampukah kami bersaing, 
Yg bisa menjawab adalah masyarakat kita sendiri, kita support yg mana dan kita butuh yg mana dan kita tau produk khas oleh oleh kota malang ini yg mana.

Saya juga yakin bahwa ini pun menjadi gagasan para calon legislatif untuk bisa diadopsi serta cukup okay dan nyata dalam mendukung aksi visual dan gerakan kreativitas. Tapi saya tidak berharap ini di politisasi, ini sebuah opini tentang malang, dan belilah produk khas oleh oleh malang yg tepat dan benar.

Siapa yg mau ikut beramai ramai ikut serta jualan gorengan ini, dan mau eksis dalam kemasan packaging ini, follow Instagram nya @bukangorenganartis 
.
.
.
#bukanartis
#manusiabiasa
#bukangorenganartis
#kemasanfoodgrade
#brandingbukanakting
#balikjungkir

Dadik Wahyu Chang utero
@dadikwahyuchangutero
BRAND DEVOTEE

Posted at October 6th, 2018 - 12:55:26
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...
Informasi Web Uterogroup.com 1. home : adalah halaman dasar perusahaan kami 2. news : berita up to date yg sedang kami kerjakan 3. produk : untuk mengetahui har ...