Product Category
FOUNDER VS CEO. APA PERBEDAANNYA?

Dalam suatu perusahaan tentunya terdapat berbagai macam posisi untuk menjalankan sistem perusahaannya.

Secara umum, posisi yang biasa diketahui adalah pemilik bisnis atau bos, sekretaris, dan karyawan.

Namun sebenarnya apabila perusahaan sudah menjadi PT (Perseroan Terbatas) atau perusahaan besar, terdapat lebih banyak posisi jabatan dalam struktur perusahaan. Misalnya adalah Direksi, Direktur Utama, Direktur, Direktur Keuangan, Direktur Personalia (HRD), Manager, Manager HRD, Manager Pemasaran, divisi, dan sebagainya.

Selain posisi-posisi yang telah disebuatkan di atas, terdapat jabatan yang seringkali dikatakan sama. Posisi ini adalah Founder, Owner, dan CEO atau Chief Executive Officer.

Emang apa sih perbedaannya?

Founder

Founder adalah orang pertama yang memulai atau mendirikan perusahaan. Founder adalah orang yang memunculkan ide bisnis untuk perusahaan,  merealisasikannya, merilis, dan membangun visi dan misi yang lebih luas untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jika terdapat lebih dari satu founder dalam perusahaan, maka founder lainnya bisa disebut dengan co-founder. Co-founder adalah orang yang menjadi partner kerja dari Founder.

Founder bertanggung jawab dalam mengamankan pendanaan, membentuk tim inti dan menemukan sumber daya yang ia butuhkan, dan memasarkan perusahaannya agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Owner

Owner adalah  pihak yang menjadi pemilik perusahaan dan memiliki investasi dalam perusahaan. Pemilik perusahaan ini bisa berupa individu atau kelompok. Jadi pada dasarnya, individu atau kelompok dapat dikatakan sebagai pemilik perusahaan apabila menanam investasi atau memiliki saham dalam perusahaan, termasuk founder jika memiliki investasi dan saham di perusahaannya.

CEO
CEO atau Chief Executive Officer adalah posisi jabatan tertinggi dalam perusahaan yang bertugas dalam memimpin perusahaan.

CEO akan bekerja sama dengan founder untuk menjalankan tujuan panjang perusahaan. Untuk melakukan ini, CEO akan melakukan pengawasan manajemen strategis perusahaan dan memiliki wewenang untuk mengawasi semua karyawan.

Pada perusahaan nirlaba atau perusahaan non profit biasanya menggunakan jabatan Direktur Eksekutif bukan CEO sebagai jabatan tertinggi dalam perusahaan.


 

OFFICIAL WEBSITE :

-https://dadikwahyuchang.id/

-http://uterogroup.com/ 

-https://uteroindonesia.com/

ALL INFORMATION 

RUMAH OXYZ

-https://google.co.id/maps

PORTOFOLIO DESAIN

-utero.design

Posted at November 16th, 2021 - 03:38:06
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...
Informasi Web Uterogroup.com 1. home : adalah halaman dasar perusahaan kami 2. news : berita up to date yg sedang kami kerjakan 3. produk : untuk mengetahui har ...