Product Category
NUDGE MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Sebagai pemilik bisnis, tentunya ingin agar penjualan produknya bisa lancar. Semua itu didapatkan melalui tahapan dan proses yang tidak instan serta perlu untuk menerapkan strategi yang tepat.

Salah satu strategi yang bisa diambil adalah dengan menggunakan Nudging Marketing.

Nudging Marketing ini menerapkan Nudge Theory (sentuhan kecil) yang dikemukakan oleh Richard Thaler selaku bapak behavioural economics dalam bukunya, yaitu teknik marketing yang memancing respon psikologis calon konsumen tanpa disadarinya. Jadi seorang calon konsumen tanpa sadar akan melakukan apa yang diminta oleh seorang pemasar.

 Teknik marketing ini memanfaatkan teori Behavioural Economics manusia bahwa kita sebagai manusia cenderung mengambil keputusan tidak sepenuhnya secara rasional. Namun kenyataannya, faktor lain selain kemampuan berpikir juga mempengaruhi pengambilan keputusan dari manusia.

Faktor tersebut misalnya adalah faktor lingkungan dan keadaan yang memaksa untuk mengambil keputusan dengan cepat serta saat itu juga.
selain itu, dalam pengambilan keputusan manusia juga bisa menggunakan sistem berpikir otomatis sehingga mengambil keputusan yang tidak rasional akibat dari pengaruh alam bawah sadar.

Contoh penerapan nudging marketing ini adalah adanya diskon Buy 2 Get ! untuk suatu produk.

Secara rasional, kita perlu untuk melihat fungsi dari produk tersebut, manfaat produk, dan sebagainya. Namun saat pengambilan tidak rasional kita bekerja, kita malah membeli produk tersebut walaupun sebenarnya masih belum membutuhkan misalnya.

Alam bawah sadar kita menganggap bahwa dengan membeli 2 produk dan mendapatkan gratis menjadi 3 produk tersebut lebih murah daripada membeli 1 produk saja.

Contoh lain adalah saat kita bingung dihadapkan dengan pilihan ukuran suatu minuman.

Pada beberapa gerai minuman ada yang menyediakan tiga ukuran minuman yang berbeda, misalnya ukuran small, medium, dan large. Biasanya, harga dari minuman ukuran small adalah setengah harga dari minuman dengan ukuran large. Namun, yang membuat kita bingung adalah pilihan untuk membeli minuman harga medium dan large karena harga minuman medium tidak jauh dengan harga minuman large.

Nah, sebenarnya ukuran medium tersebut hanya sebagai pengecoh agar konsumen membeli minuman dengan ukuran large.


 

OFFICIAL WEBSITE :

-https://dadikwahyuchang.id/

-http://uterogroup.com/ 

-https://uteroindonesia.com/

ALL INFORMATION 

RUMAH OXYZ

-https://google.co.id/maps

PORTOFOLIO DESAIN

-utero.design

Posted at November 25th, 2021 - 11:34:52
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Desain Adalah Salah Satu Keunggulan Kami data yg kami buat secara inernal penjualan desain dan produk ternyata desain melebihi kapasitas omzet produksi kami. saya menarik kesimpulan bahwa ...