pendapat orang hebat tentang (branding strategy)

Rhenald Kasali ( 2003:110-114)  dalam buku Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia mengatakan bahwa identitas perusahaan atau identitas korporat disebut juga sebagai simbol perusahaan, apakah berbentuk logo perusahaan atau lambang lainnya. Simbol selain dimaksud agar lebih mudah diingat oleh konsumen juga agar dijiwai oleh segenap karyawannya. Simbol sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di sektor jasa yang menjaga pelayanan, kredibilitas, dan keramahan manusia di dalamnya.

Brand

Brand adalah alat identitas bagi penjual atau produsen, bisa berupa nama, logo, trademark (merek dagang), atau berbagai bentuk simbol yang lain.

Brand juga merupakan suatu alat komunikasi, dimana oleh beberapa organisasi secara sengaja diciptakan dan digunakan sebagai satu identitas untuk memasarkan barang maupun jasa. Dengan tidak langsung dengan adanya brand tersebut meningkatkan penilaian perusahaan atau menghasilkan dukungan terhadap satu masalah non-profit.

Brand (merek) yang hebat akan menggabungkan kepintaran dan pemahaman dengan imajinasi dan keahlian. (Alina Wheeler, 2009 : 3).

Brand merupakan ekuitas perusahaan yang menambah value (nilai) bagi produk dan jasa yang ditawarkan. Merek merupakan aset yang menciptakan value bagi pelanggan dengan memperkuat kepuasan dan pengakuan atas kualitas. (Hermawan Kartajaya, 2004; 19)

Branding

Branding adalah sebuah proses disiplin yang digunakan untuk membangun kesadaran dan memperpanjang kesetiaan konsumen. Ini membutuhkan keputusan dari manajemen tertinggi dan kesiapan untuk berinvestasi di masa yang akan datang. Branding adalah mengenai melihat semua kesempatan untuk menyakinkan kenapa masyarakat harus memilih satu brand dari brand lain yang ada. Sebuah gairah untuk memimpin, memenangkan persaingan dan memberikan karyawan alat terbaik untuk merangkul konsumen adalah alasan mengapa perusahaan membutuhkan kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat dengan branding. (Alina Wheeler, 2009 ; 6)

Brand Identity

Brand Identity adalah sesuatu yang dapat kita ketahui keberadaannya dan menggugah indra kita. Dapat kita lihat, kita sentuh, kita pegang, kita dengar dan kita lihat bergerak. Brand Identity menghasilkan pengakuan, menegaskan diferensiasi dan menghasilkan ide besar dan maksud yang dapat diterima. Brand Identitymengumpulkan banyak element yang berbeda – beda dan menggabungkannya ke dalam sebuah sistem yang lengkap. Desain memainkan peran yang penting dalam menciptakan dan membangun sebuah brand. Desain membedakan dan mengekspresikan sesuatu yang dapat dirasakan oleh indera kita, emosi, keadaan dan inti itu adalah hal yang paling penting oleh konsumen. (Alina Wheeler,2009; 4)

Brand Consultant

Brand yang besar adalah brand yang berkelanjutan secara internal dan relevan untuk target audiens, menghasilkan nilai bisnis  dan untuk menuju pada sesuatu hal yang lebih besar bagi masyarakat.

Baik itu brand baru atau rebranding, kami memulainya dengan Brand Audit, yang merupakan pengawasan terhadap keadaan brand itu sendiri dan meliputi analisis brand untuk fokus pada visual identity, brand portofolio , brand communication, perilaku dan komitmen staf.

Wawasan dari tahap audit ini yang membawa kami untuk bekerja melalui peluang yang memungkinkan untuk Brand Strategy. Pemikiran dan keinginan konsumen sangatlah penting, tetapi strategi ini lebih penting lagi, dan terdiri dari tujuan perusahaan, ide brand dan akhirnya platform brand yang akan memastikan kejelasan, keaslian dan konsistensi dari waktu ke waktu.

Global Brand  mungkin sering membutuhkan konsultasi Merek Lokalisasi untuk menyelaraskan nilai-nilai universal mereka dengan kedekatan dari konsumen lokal.

Juga, dalam situasi tertentu, bahkan brand yang kuat mungkin memerlukan Program Brand Reputation untuk mengembalikan kepercayaan publik, menyusul krisis atau erosi dari reputasi brand.

Brand Communication

Komunikasi masih memegang citra utama di balik banyak merek. Sebuah Platform Merek Kreatif dikembangkan untuk menjaga esensi merek, sementara untuk mempercepat pengenalan brand harus mengadakan periklanan dan lembaga komunikasi khusus untuk memberikan informasi komunikasi perusahaan atau pemasaran.

Internal Branding

Internal Branding Communication memastikan penyebaran dan kehadiran esensi merek antara karyawan dan stakeholder internal lainnya, yang bertujuan untuk membawa mereka bersama-sama dan di bawah bendera yang sama. Ini terdiri dari desain dan dekorasi kantor newsletter, alat interaktif dan acara organisasi.

Keterlibatan Brand adalah bentuk yang paling melibatkan komunikasi merek internal. Menggunakan brand sebagai alat manajemen, memberdayakan masyarakat untuk hidup dan memberikan brand. Keuntungan internal adalah pengembalian yang lebih tinggi dalam organisasi manusia & intelektual dan peningkatan motivasi staf. Efek eksternal sering menentukan, terutama untuk merek jasa, karena karyawan memberikan janji merek dan memberikan kepribadian kepada merek-dengan kata lain mereka adalah merek.

Fungsi Corporate Identity

 Fungsi dari corporate identity ini adalah untuk membuat sebuah perusahaan tampil sebaik mungkin. Sama halnya jika sebuah perusahaan mendandani dan meminta para karyawannya tampil sebaik mungkin secara fisik. Kesan pertama yang diciptakan oleh sebuah perusahaan (atau seseorang) merupakan kesan yang tidak bisa dilupakan selamanya. Jika kesan pertama buruk maka seterusnya masyarakat akan memberi cap yang buruk pula selamanya, meskipun perusahaan tersebut berkualitas sekalipun.

 

Selain berfungsi sebagai identitas perusahaan, corporate identity juga mempunyai fungsi-fungsi lain, antara lain :

1. Sebagai alat yang menyatukan strategi perusahaan.

2. Sebagai pemacu sistem operasional suatu perusahaan

3. Sebagai pendiri jaringan network yang baik.

4. Sebagai alat jual dan promosi. 

Aplikasi Corporate Identity

Beberapa aplikasi corporate identity yang sering digunakan oleh perusahaan antara lain sebagai berikut :

  1. Business stationery (kop surat, amplop, memo, kartu nama, form, bon, dan lain sebagainya)
  2. Advertising (periklanan)
  3. Merchandise
  4. Brosur dan katalog
  5. Signage system
  6. Gedung perusahaan
  7. Annual report (laporan tahunan)
  8. Newsletter (bulleting perusahaan)
  9. Kendaraan perusahaan

 

Posted at December 16th, 2015 - 01:52:45
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Desain Adalah Salah Satu Keunggulan Kami data yg kami buat secara inernal penjualan desain dan produk ternyata desain melebihi kapasitas omzet produksi kami. saya menarik kesimpulan bahwa ...
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...