Product Category
Branding Tidak Hanya Sekedar Logo

Branding tidak hanya terkait dengan desain, logo, atau tagline, tetapi memiliki dimensi yang lebih strategis. Brand pada awalnya merujuk pada nama produk atau jasa yang berasal dari sumber tertentu, sering kali disamakan dengan istilah "trademark" atau merek dagang.

 

 

Asal mula

 

Sejarah brand dimulai dari tindakan peternak memberikan cap pada hewan mereka dengan besi panas untuk memudahkan identifikasi. Pada abad ke-19, dengan pertumbuhan perdagangan, pembuat produk mulai menggunakan tanda khusus pada barang-barang seperti obat batuk, karung gandum, gula, bir, dll. Ini bertujuan agar produk mudah dikenali di pasaran yang semakin ramai.

 

Pada tahun 1880, seiring lahirnya perusahaan Coca Cola, pendiri-pendiri soda harus mencari cara agar produk mereka dapat dibedakan dari pesaing. Nama produk saat itu sering kali mencerminkan bahan baku, seperti penggunaan kata "Coke" untuk merujuk pada soda karamel yang digunakan.

 

Jadi, apa sebenarnya brand itu?

 

Pertumbuhan pemahaman terhadap brand terjadi pada akhir abad ke-20, di mana pemasar menyadari bahwa brand tidak hanya tentang persepsi terhadap nama produk, tetapi juga tentang "kumpulan atribut yang berwujud pada sebuah produk," seperti yang diungkapkan oleh David Ogilvy.

 

Brand bukan hanya karakter atau persepsi, tetapi juga mencakup pengalaman dan nilai yang dirasakan oleh konsumen. Itu melibatkan atribut fisik, emosional, pemahaman logis, karakteristik, performa, aset, dan janji dari produk atau jasa tertentu.

 

Membangun brand melibatkan konsistensi dalam mengintegrasikan elemen-elemen visual, layanan bisnis, performa produk, pemasaran, dan menciptakan janji serta persepsi yang menghasilkan pengalaman dan nilai bagi calon konsumen. Tujuan utama adalah agar produk atau jasa dapat mengakar kuat dalam pikiran dan hati konsumen.

 

Pentingnya brand tidak hanya terletak pada desain, logo, atau tagline, melainkan pada integrasi yang konsisten dari berbagai elemen untuk menciptakan pengalaman yang khas dan nilai yang melekat pada brand tersebut. Setiap perusahaan memiliki pendekatan unik dalam membangun brand mereka, dan pertanyaannya adalah, bagaimana Anda (yang memiliki produk atau jasa) membangun brand Anda sendiri?

Posted at December 1st, 2023 - 01:25:10
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Desain Adalah Salah Satu Keunggulan Kami data yg kami buat secara inernal penjualan desain dan produk ternyata desain melebihi kapasitas omzet produksi kami. saya menarik kesimpulan bahwa ...
Informasi Web Uterogroup.com 1. home : adalah halaman dasar perusahaan kami 2. news : berita up to date yg sedang kami kerjakan 3. produk : untuk mengetahui har ...