Product Category
Strategi Pemasaran Starbucks di Indonesia untuk Menjadi Merek Mewah yang Menjadi Standar Keberhasila

Strategi Pemasaran Starbucks di Indonesia untuk Menjadi Merek Mewah yang Menjadi Standar Keberhasilan 

 

Starbucks Corporation adalah salah satu perusahaan kopi terkemuka dan paling sukses di dunia. Sejak pendiriannya pada tahun 1971, perusahaan ini telah mengalami perkembangan signifikan dari sebuah kedai kopi kecil menjadi jaringan global dengan ribuan lokasi di seluruh dunia. Selain itu, Starbucks telah berhasil mencapai status sebagai merek mewah yang sangat dihargai oleh konsumen di seluruh dunia.

Prestasi ini tidak terjadi secara kebetulan semata. Starbucks telah mengimplementasikan strategi pemasaran yang kuat, berfokus pada transformasi citra merek mereka menjadi lebih eksklusif dan mewah. Strategi ini mencakup berbagai elemen seperti inovasi produk, pengalaman pelanggan yang unik, branding yang kuat, dan kampanye pemasaran yang efektif.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Starbucks untuk mencapai status sebagai merek mewah yang dianggap sebagai standar kesuksesan di industri kopi. Kita juga akan menjelajahi pendekatan pemasaran yang berbeda yang telah berhasil menarik konsumen dan membedakan Starbucks dari merek kopi lainnya.

Untuk mengetahui pembahasan lebih detail, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Sejarah Singkat Starbucks

 

Starbucks Corporation didirikan pada tahun 1971 oleh tiga pengusaha kopi di Seattle, Amerika Serikat, yaitu Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker. Pada awalnya, Starbucks hanya merupakan sebuah kedai kopi kecil yang menawarkan biji kopi berkualitas tinggi dari berbagai negara. Nama "Starbucks" diambil dari karakter utama dalam novel Moby-Dick karya Herman Melville.

Pada tahun 1982, Howard Schultz, seorang eksekutif pemasaran, bergabung dengan perusahaan ini dan memainkan peran penting dalam mengembangkan merek Starbucks menjadi sebuah perusahaan global yang sukses seperti saat ini. Schultz memimpin ekspansi Starbucks ke luar Amerika Serikat dan membuka toko pertama di luar negeri di Vancouver, Kanada pada tahun 1987.

Starbucks menjadi perusahaan publik pada tahun 1992 dengan sahamnya terdaftar di Bursa Saham Nasdaq dengan kode SBUX. Selama dekade berikutnya, Starbucks terus berkembang pesat dan membuka ratusan toko di berbagai negara. Perusahaan ini juga terus melakukan inovasi produk dan memperkenalkan menu minuman yang lebih beragam, seperti Frappuccino dan latte yang semakin populer di kalangan konsumen.

Pada tahun 2008, Starbucks menghadapi tantangan signifikan akibat krisis ekonomi global dan mengalami penurunan penjualan yang besar. Schultz kembali memimpin perusahaan ini dan melakukan perubahan strategis yang signifikan, termasuk menutup ratusan toko yang tidak menguntungkan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Strategi Schultz terbukti berhasil, dan Starbucks berhasil pulih dari masa sulitnya, kembali menjadi merek yang diakui dan dihargai oleh konsumen di seluruh dunia. Starbucks terus melakukan inovasi produk dan mengembangkan merek yang kuat, termasuk meluncurkan kampanye sosial dan lingkungan serta menjalin kemitraan dengan merek lain seperti Nestle dan UberEats. Hingga saat ini, Starbucks memiliki ribuan lokasi di seluruh dunia dan terus berusaha mempertahankan posisinya sebagai merek kopi yang sukses dan inovatif.

Strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Starbucks mencakup berbagai aspek, mulai dari inovasi produk, pengalaman pelanggan yang unik, branding yang kuat, hingga kampanye pemasaran yang efektif. Artikel tersebut merangkum sepuluh strategi utama yang telah dilakukan oleh Starbucks:

1. Berinovasi Pada Produk


Terus menciptakan dan memperkenalkan menu minuman dan makanan baru untuk menjaga kepuasan pelanggan dan membedakan diri dari pesaing.

 

2. Menambahkan Berbagai Varian Menu


Menawarkan berbagai macam minuman selain kopi dan makanan ringan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

 

3. Menawarkan Merchandise


Menawarkan merchandise yang unik dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan citra merek sebagai merek yang eksklusif dan mewah.

 

4. Outlet yang Tersebar di Berbagai Kota


Memiliki banyak outlet yang tersebar di berbagai kota untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

 

5. Strategi Pemasaran Word Of Mouth


Fokus pada memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan menciptakan komunitas yang kuat di sekitar merek mereka.

 

6. Membangun Program Loyalitas


Membangun program loyalitas seperti Starbucks Rewards untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.

 

7. Strategi Penetapan Harga Premium


Menetapkan harga produk di atas rata-rata untuk menciptakan citra merek kopi mewah dan eksklusif.

 

8. Mendukung Gerakan Sosial


Memanfaatkan posisi perusahaan untuk mempromosikan kebaikan sosial dan lingkungan.

 

9. Menyediakan Berbagai Promo Menarik


Menawarkan berbagai program dan promosi menarik untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempertahankan loyalti konsumen.

 

10. Melakukan Gimmick


Menggunakan gimmick seperti kesalahan penulisan nama pelanggan untuk mendapatkan promosi gratis melalui media sosial.

 

Kesimpulannya

Starbucks telah berhasil mencapai kesuksesannya dengan menggabungkan berbagai strategi pemasaran yang kreatif dan efektif. Dari fokus pada inovasi produk hingga mendukung gerakan sosial, Starbucks terus berupaya untuk mempertahankan posisinya sebagai merek kopi yang dihargai dan diakui di seluruh dunia.

 

#Starbucks #Kopi #MerekMewah #StrategiPemasaran #InovasiProduk #PengalamanPelanggan #Globalisasi #EkspansiBisnis #Branding #KemitraanBisnis

Posted at February 27th, 2024 - 11:25:01
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...
Informasi Web Uterogroup.com 1. home : adalah halaman dasar perusahaan kami 2. news : berita up to date yg sedang kami kerjakan 3. produk : untuk mengetahui har ...