Product Category
Apa itu Employer Branding dan Mengapa Penting?

Apa itu Employer Branding dan Mengapa Penting?

 

Reputasi perusahaan Anda di kalangan tenaga kerja dan karyawan menjadi tolok ukur yang sangat penting, apakah itu hasil dari upaya keras atau tidak. Prioritas utama setiap perusahaan, baik besar maupun kecil, seharusnya adalah membangun merek perusahaan yang dapat menjadi sumber kebanggaan bagi Anda dan staf Anda. Hal ini tidak hanya akan membedakan Anda dari pesaing, tetapi juga akan membentuk pandangan orang terhadap perusahaan Anda, termasuk pandangan dari karyawan Anda saat ini. Meskipun pemasaran eksternal memiliki peran besar dalam membentuk pandangan tersebut, kekuatannya harus diperkuat secara internal agar dapat efektif.

Menurut studi Glassdoor, 86% pencari kerja melakukan penelitian ulasan dan penilaian perusahaan sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, menyempurnakan merek perusahaan Anda dan meluangkan waktu serta sumber daya untuk memastikan penciptaan reputasi yang menarik bagi karyawan baru menjadi sangat penting. Berikut adalah lima manfaat utama dalam membentuk merek perusahaan yang kuat:

1.Menarik Talenta Terbaik

 

Ketika pencari kerja memulai pencarian mereka, mereka sering mencari "perusahaan terbaik untuk bekerja" atau "perusahaan perekrutan terbaik di dekat saya." Penting untuk diingat bahwa orang ingin bekerja di tempat dengan reputasi baik yang memperlakukan karyawan dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk menjadi perusahaan yang dianggap baik untuk bekerja dan sebarkan informasi tersebut kepada calon karyawan.

Hasil studi baru-baru ini dari Hireology menunjukkan bahwa 84% pencari kerja bersedia mengorbankan gaji lebih tinggi demi manfaat non-moneter seperti budaya perusahaan yang baik, peluang pertumbuhan, dan fleksibilitas. Employer branding adalah alat yang efektif untuk memperkenalkan manfaat ini, terutama di era di mana generasi muda cenderung melakukan riset melalui Google dan media sosial sebelum melamar pekerjaan.

Selain mendapatkan ulasan positif dari karyawan di situs web seperti Glassdoor dan memamerkan testimonial di situs karier serta profil media sosial, Anda juga dapat bergabung dengan Program Tempat Kerja Terbaik. Bergabung dengan program tersebut memiliki berbagai manfaat, termasuk manfaat khusus untuk industri Anda.

 

2.Mengurangi Waktu dan Biaya Perekrutan

 

Merek perusahaan yang kuat mendukung saluran bakat Anda dan dapat menghasilkan dukungan yang cukup. Ini menjadi kabar baik bagi manajer perekrutan dan juga memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda. Dengan adanya talenta yang tersedia, Anda dapat melakukan pengecekan kandidat sejak dini, bahkan jika Anda belum memiliki peran yang harus diisi. Sebagai contoh, setelah membuka lowongan pekerjaan, Anda akan memiliki lebih banyak kandidat yang memenuhi syarat untuk diwawancarai daripada harus menarik pelamar baru.

Tidak hanya itu, perusahaan dengan reputasi baik umumnya memiliki lingkungan kerja yang positif, dan karyawan saat ini cenderung mereferensikan kandidat baru untuk posisi yang terbuka. Referensi karyawan memiliki tingkat pengembalian investasi (ROI) tertinggi, menurut CareerBuilder, dan umumnya lebih cepat daripada referensi yang berasal dari situs karier.

 

3.Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan


Merek perusahaan yang dibangun atas dasar perlakuan baik terhadap karyawan dan interaksi positif karyawan dengan pelanggan dapat meningkatkan semangat kerja. Karyawan yang bangga bekerja di perusahaan yang dihargai akan merasakan kebanggaan yang positif, tetapi juga merasakan tanggung jawab besar karena mereka tahu perusahaan memperhatikan mereka dengan serius.

Mengembangkan jalur karier karyawan, menyediakan pelatihan dan dukungan berkelanjutan, serta menawarkan kompensasi dan tunjangan yang kompetitif adalah cara yang efektif untuk memastikan bahwa merek karyawan Anda memberikan dorongan semangat kerja yang positif. Ini pada gilirannya akan membuat karyawan melayani pelanggan dengan lebih baik.

 

4.Meningkatkan Tingkat Retensi


Sebagaimana merek perusahaan Anda memengaruhi semangat kerja karyawan, tingkat retensi juga bergantung pada reputasi perusahaan. Membuat perusahaan menjadi tempat yang disukai karyawan akan mengurangi tingkat pergantian karyawan. Rendahnya tingkat turnover adalah indikator yang baik dari merek perusahaan yang kuat. Salah satu manfaat yang paling nyata dari tingkat turnover yang rendah adalah peningkatan keuntungan perusahaan. Penelitian LinkedIn menunjukkan bahwa perusahaan yang tidak menginvestasikan dengan baik dalam reputasinya dapat kehilangan rata-rata $5.000 per karyawan. Angka ini dapat berkembang secara signifikan seiring dengan berlanjutnya tren Pemutusan Hubungan Kerja Massal.

 

5.Membangun Kredibilitas dengan Pelanggan


Merek perusahaan Anda berdampak langsung pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan terbaik Anda kepada pelanggan. Tim yang berkualitas tinggi akan memperbaiki kepuasan pelanggan, sehingga jika Anda tidak mampu menarik karyawan berkualitas, Anda dapat mengharapkan pengalaman pelanggan yang kurang memuaskan.

Jika Anda dapat menjamin bahwa setiap pelanggan akan mendapatkan pengalaman positif, terlepas dari karyawan yang melayani mereka, Anda akan membangun kepercayaan di antara basis pelanggan. Menurut Studi Kekuatan Tujuan Zeno tahun 2020, 80% konsumen cenderung membeli dan merekomendasikan perusahaan yang mereka percayai. Oleh karena itu, membangun kredibilitas perusahaan Anda di mata pelanggan sangat bergantung pada karyawan Anda, dan itu adalah suatu keharusan bahwa perusahaan Anda mendukung aset terpenting ini.

 

#BrandingSuccess #EmployerBranding #CompanyCulture #TalentAttraction #EmployeeEngagement #WorkplacePositivity #RecruitmentStrategies #CareerGrowth #RetainTopTalent #CustomerSatisfaction #WorkLifeBalance #CorporateReputation #BrandBuilding #PositiveWorkEnvironment #EmployeeRetention #JobSatisfaction #CompanyValues #TeamBuilding #LeadershipDevelopment #ClientTrust

Posted at January 10th, 2024 - 02:01:39
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...
Desain Adalah Salah Satu Keunggulan Kami data yg kami buat secara inernal penjualan desain dan produk ternyata desain melebihi kapasitas omzet produksi kami. saya menarik kesimpulan bahwa ...